FanFiction Writing 2

About Writing Fanfiction 2

Kali ini saya mau membahas soal fanfiction, bagaimana penulisan yang baik dan benar berdasarkan buku dan berbagai sumber yang saya pernah baca. bukan berarti saya mahir dalam hal tulis menulis, saya cuma mau berbagi info dan ilmu yang pernah saya dapet, itu saja.

Bukankah menulis fanfiction hampir sama dengan menulis cerpen biasa? Tapi, hanya castnya saja yang berbeda. Fanfic adalah sebuah cerita fiksi yang dibuat oleh penggemar bedasarkan kisah, karakter, atau setting yang sudah ada. Fanfic bisa berlaku untuk film, komik, novel, selebritis dan karakter terkenal lainnya.

Plot sebuah Fanfic merupakan hasil imajinasi para fans. Konsep sederhana yang digunakan dalam menulis sebuah fanfic adalah “What if…” atau “Bagaimana jika…”. Dengan konsep itu fans bebas berimajinasi mengenai karakter kesayangan mereka.

Untuk menghindari tuntutan mengenai hak cipta, penulis fanfic biasanya mencantumkan kategori “fanfic” dalam tulisannya dan memberikan disclaimer, semacam pengakuan hak cipta, untuk penulis aslinya. Sedangkan untuk menghindari protes atau pertanyaan dari fans lain, biasanya para penulis fanfic selalu memberikan sedikit catatan-catatan “peringatan” atas variasi-variasi eksperimen yang dia gunakan dalam fanfic-nya.

***

Sekarang, saya mau menjelaskan bagaimana cara menulis yang baik dan benar. Pakailah bahasa yang mudah dimengerti dan tidak memakai bahasa ‘slang’ atau lebih umumnya bahasa gaul dalam narasi, bahasa gaul mungkin lebih cocok pada dialog. Sedangkan untuk narasi, lebih baik gunakan bahasa semi-baku.. gak terlalu sesuai dengan EYD tapi masih terkesan berbahasa indonesia dengan benar.

Coba liat!

KwaNgMiN mEnoLEh, MenDeNgAR SuAra YaNg seLaMa iNi DiA rInDUkAn.

Err.. coba deh pikir 2 kali kalo mau bikin ff kayak gini, pernah liat novel atau berbagai cerpen lainnya dengan gaya tulisan seperti ini? enggak kan? Boleh-boleh aja kalo mau nulis dengan gaya tulisan kayak gini di facebook atau semacamnya. Coba sekarang mikir, mau gak baca ff dengan gaya tulisan kayak gini di keseluruhan naskah?

Terus,

Aq cm mw blg 5ksh az, soalx qm dh mw bntu2 aq td..

Ehm, saya pernah lihat ff dengan gaya bahasa seperti ini, di facebook maupun blog. It’s okay kalo kalian emang mau bikin ff dengan genre komedi, tapi coba.. tertarik gak sih baca ff tragedi dengan gaya bahasa gini?

Kalian tanya bahasa alay? Bahasa dengan campuran angka, alpabet, dan simbol didalamnya? s3phErt1 1ni3? -_- mau coba? Pertama, capek ngetiknya! Kedua, pusing bacanya! Ketiga, sakit mata! Sekalipun ada yang namanya ‘Alay Generator’, kasian yang baca!

Penggunaan tanda baca

Tanda titik, koma, tanda tanya, tanda seru, tanda petik, dan sebagainya juga harus digunakan dengan benar! Begitu pula cara pengetikannya.

Benar

Jeongmin memperhatikan Minwoo yang sedang mengeluarkan tempat pensil, ponsel, dan buku-buku dari dalam tasnya. Minwoo berseru dengan kesal, “Aigoo…! Kenapa tidak ada, ya?”

Salah

jeongmin memperhatikan minwoo yang sedang mengeluarkan tempat pensil,ponsel,dan buku buku dari dalam tasnya. minwoo berseru dengan kesal”aigoo…! kenapa tidak ada,ya?”

Nih beberapa poin untuk penggunaan tanda baca:

  1. Beri jarak satu spasi antara tanda baca (koma, titik, tanda seru, dan tanda tanya) dan huruf. Begitu juga setelah tanda petik tutup, dikasih jarak satu spasi.
  2. Tanda baca diletakkan didalam tanda petik.
  3. Gunakan tanda koma di akhir kata terakhir sebelum kalimat petikan.
  4. Huruf besar setiap mengawali kalimat, setelah tanda petik, tanda titik, nama orang, kota, hari, bulan, negara, dan kata sapaan (Eonni, Oppa, Noona, Hyung)
  5. Berilah cetak miring pada kata yang bukan merupakan bahasa Indonesia, seperti; romanisasi hangeul, kata/kalimat asing, ungkapan/ekspresi (okeh, khan, deh), partikel asing seperti ‘-ah’ pada nama yang berakhiran huruf konsonan dan ‘-ya’ pada nama yang berakhiran huruf vokal.

Usahakan tidak membuat paragraf yang terlampau panjang. Dan rapat-rapat. Yang baca kusuut! Udah males baca duluan kali -_-

Beta-Read

Ngerti beta read gak? Enggak.

Jadi intinya, kalo mau cerita kita bagus dan gak terlihat amburadul—acak-acak gitu. Hal yang paliiing simpel kita lakuin adalah ini! kita diem dulu cerita kita selama selang beberapa hari (jangan dilirik gitu maksudnya) terus pas menurut kamu udah pas didiemin, kamu baca lagi. biasanya ngerasa lho mana bahasa yang gak pas dan kata-kata yang kurang pas atau adegan yang gak sreg, juga typo (salah ketik).

Kok bisa?

Soalnya kita baca dalam posisi sebagai reader—lebih tepatnya beta reader.

WRITER BLOCK

Disini saya mau bahas tentang Writer Block dan cara berteman dengannya. Writer block ini kata lainnya tuh, kebuntuan ide.

Pasti pada sering ngalamin writer block, ya kan?

Gak cuman kalian doang, para penulis hebat juga gitu kok. Cuma mereka udah tau gimana cara berteman dengan si writer block ini.

  1. Dengerin musik

Kedengerannya sepele, tapi biasanya ampuh.. apalagi pas jalan-jalan dengerin musik. Sekali kali coba dengerin lagu yang berbeda. Misalnya, kamu selalu dengerin lagu Boyfriend. Ganti, jadi apa gitu.. siapatahu mendatangkan inspirasi. Gak cuma lag kpop aja, coba jajal sekali kali lagu indo atau barat.. lagu jepang, soundtracknya juga oke loh! J

  1. Pergi ke tempat yang gak biasa

Coba pergi ke tempat yang gak biasa atau malah gapernah kamu datengin, selain wawasan kamu tambah luas. Kan bisa jadi setting di ide ff kamu yang baru ^^

  1. Kegiatan lain

Pernah punya keinginan untuk mancing? Menyulam? Aerobik? Atau sesuatu yang pengen kamu coba tai gak kesampaian? Coba aja! Atau kamu punya hobi lain kayak masak, nonton drama, ikut gathering. Up to you! Yang penting, jangan keburu stress dulu mikirin jalan cerita, ntar aja! Rileks aja dulu.. biasanya malah ide itu muncul disaat kita lagi gak mikirin.

  1. Coret coret

Punya buku gambar? Atau kertas gak kepakai? Coret coret aja. Gak bisa gambar? Biarin, keep coret coret! Entah kamu nulis hangeul kamu gambar hati terus hangeul bias. Terserah! Keluarin semua uneg uneg kamu~ secara gak langsung, itu adalah ekspresi perasaan kamu yang kacau. Dan kalo kamu ngelakuin itu, artinya kamu udah ngeluarin isi hati kamu secara visual ^^

  1. Bikin ff baru yang berbeda

Jangan pikirin ff ini dulu, kalo terus dipaksain hasilnya juga jadi kurang. Coba bikin cerita baru lagi, siapatau ff baru ini lebih bagus. Atau, pas bikin ff baru ini.. ide untuk ff lama muncul.. who knows kan?

WRITING TIPS

–      Baca, baca, dan baca!

Secara gak langsung, kamu itu penulis. Penulis, kalo gak nulis mereka baca! Ayo baca banyak buku, lahap semuanya (?) kamu juga bisa dapet gaya nulis yang bener bener cocok sama kamu J

–      Writing, writing, and writing!

Kalo kamu emang suka dan pengen jadi penulis. Menulislah minimal 1 halaman per hari. Dengan gitu, menulis akan menjadi bagian dari kehidupan hari hari kamu.

–      Idea in everywhere.

Karena ide itu ada dimana mana, wajib untuk kamu bawa buku catatan kecil. Atau kalau emang ribet pake aja hape kamu buat nulis ide tiba-tiba itu. Karena kalo gak ditulis, lupa itu pasti terjadi.

–      Gunakan 5 indera untuk suatu adegan.

Seperti apa kelihatannya, seperti apa kedengarannya, seperti apa rasanya, seperti apa baunya, dan yang terakhir, seperti apa rasanya di hati?

Famous Writers Tips

– Jenuh menulis? Coba pindah tempat menulis. Yg tadinya di kamar jd ke coffee shop. Beda tempat, beda sudut pandang ;)

– Agar tdk buntu di tengah jelan, skema ‘awal-tengah-akhir’ cerita sdh harus jelas di kepala sebelum mulai menulis

– Agar cerita mengalir? Terus-menerus ajak si tokoh ngobrol. Biarkan ia ‘berkicau’ di kepalamu

– Sumber inspirasi cerita paling mudah adl kisah hidup kamu; kamu tahu detail apa saja yg terjadi. Kamu tokoh utamanya.

– Latihan menulis bisa dimulai dg membuat cerita 1,000 kata dr videoklip yg kamu lihat di TV

– Bingung mau menulis cerita apa? Coba tanya ke diri sendiri: paling suka baca buku genre apa? Itu jawabannya

– Mengamati tweets orang bisa jadi sumber inspirasi utk karakter tokoh cerita

– Cerita nggak kunjung selesai? Boost your mood. Selalu buat music playlist berbeda yg sesuai dg karakter cerita u/ teman menulis

– When creating story: no twist, no fun

– Agar cerita fiksi padat, ciptakan dialog antar tokoh yg sarat informasi & ‘menjalankan’ cerita, bukan hny celotehan basa-basi

– Seorang penulis adl seorang pengamat, ia menulis hasil pengamatannya ttg kehidupan dari sudut pandangnya

– Cari ide cerita juga bisa dari status update Facebook teman atau “kicauan seru” di Twitter

– A writer should be able to become: a storyteller, a magician, and also the god of your own story

– Nulis cerita dlm mood enak & pikiran jernih. Write what ur heart tells u, so u know how to put the ending

– Bikin beberapa alternatif ending. Diamkan minimal 2 minggu. Lalu baca kembali. Biasanya keliatan mana ending plg sreg

(Cr: Psycho Addict)

 

Leave a comment